Daging Karkas Ayam Tak Layak Konsumsi

Daging Karkas Ayam Tak Layak Konsumsi – Daging ayam sumber protein hewani yang murah dan mudah di dapat di Indonesia. Setelah di artikel sebelumnya Sevendream Food sudah menjelaskan tentang bagaimana cara memilih daging ayam yang baik dan segar. Untuk kali ini kita akan membahas secara detail tentang ciri daging karkas ayam tak layak konsumsi. Saat anda membeli daging  ayam tentunya harus memilih yang baik dan sempurna.

Di Indonesia sering banyak sekali oknum yang melakukan hal curang dalam menjual daging ayam dengan cara diberi formalin dan juga gelonggongan atau disuntik. Tindakan tersebut emang dapat menguntungkan penjual namun sangat merugikan bagi para konsumen dan juga membahayakan kesehatan konsumen ketika mengkonsumsinya.

TIPS !!!

Berikut ciri-ciri daging ayam tak layak konsumsi. Simak Ciri-ciri berikut :

  • Daging Ayam Formalin
    Sebuah daging ayam yang telah ditambahkan dengan bahan kimia yakni formaldehida (formaldehyde). Yang bertujuan agar daging karkas ayam tetap awet meskipun sudah tidak layak jual dan sangat berbahaya bagi kesehatan jika di konsumsi bisa menimbulkan gejala saluran pernapasan bahkan kanker. Daging ayam tersebut tidak layak untuk di konsumsi.
    Ciri-cirinya sebagai berikut :
    1. Warna daging ayam putih lebih putih dari ayam segar yang biasanya.
    2. Aroma yang keluar jika dicium terasa bahan kimia.
    3. Tidak ada lalat yang hinggap di sekitar daging ayam.
    4. Saat disentuh kulit ayam terasa kesat.
  • Daging Ayam Glonggongan
    Daging karkas ayam yang disuntik dengan air dengan tujuan agar terlihat besar dan gemuk dan ketika ditimbang akan menjadi lebih berat. Berbahaya bagi kesehatan karena berbagai hasil penelitian terdapat bakteri pembusuk yang membahayakan kesehatan. Bisa menimbulkan diare dan keracunan bagi yang mengkonsumsinya. Daging ayam tersebut tidak layak untuk di konsumsi.
    Ciri-cirinya sebagai berikut :
    1. Hal pertama yang tampak adalah daging karkas ini basah.
    2. Jika daging ayam diangkat akan meneteskan air.
    3. Tekstur kulit lembek saat disentuh.
    4. Jika diiris nampak mengeluarkan air.
  • Daging Ayam Tiren (Mati Kemarin)
    Daging ayam ini telah mati namun tetap dipotong dan dipasarkan. Biasanya ayam ini sakit lalu dibiarkan mati dan tetap dijual. Hal ini tidak baik bagi kesehatan. Daging ayam tersebut tidak layak untuk di konsumsi.
    Ciri-cirinya sebagai berikut :
    1. Warna dari daging karkas ayam ini pucat, merah bahkan kebiruan.
    2. Aroma yang keluar dari daging ini menyengat dan amis tidak seperti aroma ayam biasanya.
    3. Terlihat dibagian leher potongan yang tidak lebar.
    4. Terdapat bercak darah pada bagian leher dan kepala.

Secara garis besar daging karkas ayam yang baik untuk di konsumsi sebagai berikut :

  1. Warna dari daging ayam tidak pucat.
  2. Aroma yang keluar agak amis tapi tidak terlalu berbau.
  3. Serat daging alus.
  4. Lemak yang nampak berwarna kuning dan tidak lembek.

Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam membeli daging karkas ayam baik dan terhindar dari daging ayam yang tidak layak konsumsi yang dapat membahayakan kesehatan anda. Kami Sevendream Food siap mendistribusikan daging ayam kualitas terbaik dan tentunya segar. Sevendream Food salah satu supplier daging karkas ayam di Jember yang siap memberikan kualitas dan kuantitas yang terbaik untuk para konsumennya. Jadi para mama di rumah tidak usah ribet dalam pemesannya, tanpa perlu ke pasar kami akan antar sampai depan rumah. Dijamin ayam kami segar dan tentunya halal. Sevendream Food Belanja Hemat Tanpa Ribet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu